Kebersihan Barang Ini Harus Selalu Dijaga Rutin

Kebersihan Barang Ini Harus Selalu Dijaga Rutin

Jasa Bersih Kantor – Tanpa disadari barang-barang seperti handuk, bantal, sprei harus dibersihkan atau diganti. Waktunya bervariasi, ada yang harus dibersihkan sebulan sekali, diganti tiga bulan sekali, bahkan ada yang harus membuang barang dalam beberapa hari.

Kebersihan Barang Ini Harus Selalu Dijaga Rutin

Bukan tanpa alasan memiliki barang yang terlihat bersih, terasa aman dan sering digunakan, justru bisa menimbulkan penyakit dan bahaya jika diabaikan. Kali ini saya akan membahas 5 hal yang perlu dibersihkan atau diganti secara rutin agar aman digunakan dan tidak menimbulkan berbagai penyakit. Apa objeknya? Yuk simak uraiannya di bawah ini!

Bantal

Bantal yang biasa kita gunakan untuk tidur ternyata banyak berpotensi menimbulkan penyakit. Gantilah bantal setidaknya dua kali setahun atau sedot dan keringkan bantal secara teratur setiap hari. Jika tidak, bantal tersebut memiliki banyak kotoran yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa bantal yang tidak dibersihkan dalam 2 tahun, 10 persen dari beratnya dipenuhi tungau debu dan sel kulit mati kita. Jika dibiarkan terus menerus, ini bisa menyebabkan sejumlah masalah; bersin, asma yang memburuk, mata gatal dan berair adalah beberapa masalah.

Handuk

Handuk harus lebih sering dibersihkan. Paling tidak seminggu sekali, bahkan 2-3 kali seminggu dianjurkan. Alasannya, handuk bisa lebih basah dibanding barang lainnya. Kelembaban ini mengandung banyak jamur dan bakteri yang berpotensi berbahaya dan dapat menyebar ke orang lain. Jangan bercanda, jamur dan bakteri ini bisa menyebabkan kutu air, jamur pada tubuh, kutil dan masalah kulit lainnya. Jadi wajib bagi kita untuk rutin membersihkan handuk yang kita gunakan. Serat handuk yang tebal dan mampu menyerap air dengan baik menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur jika kita simpan di tempat yang lembab seperti di kamar mandi. Sebaiknya gantung handuk bekas di tempat yang sirkulasi udaranya baik dan terkena sinar matahari agar aman digunakan kembali.

Seprai

Jika dibiarkan kotor hanya dalam waktu dua minggu akan meninggalkan debu, keringat dan kotoran yang dapat menjadi bakteri atau bakteri berbahaya, sehingga disarankan untuk mengganti seprai dua minggu sekali atau seminggu sekali. Apalagi bagi kita dengan alergi kulit atau pernafasan, jarang sekali seprai pembersih berpotensi memperburuk alergi yang kita miliki.

Sikat Gigi

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa sikat gigi tidak akan lagi digunakan secara maksimal jika tidak diganti dalam tiga bulan. Selain itu, dikhawatirkan sikat gigi mengandung ribuan bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Ganti sikat gigi secara rutin, minimal 3 bulan sekali atau dua kali sebulan. Untuk menghindari bahaya yang disimpan oleh bakteri pada sikat gigi. Meletakkan sikat gigi di kamar mandi bisa menyebabkan bakteri hinggap dan menempel di bulu sikat. Apalagi jika Anda meletakkan sikat gigi di sebelah toilet untuk buang air. Untuk menghindarinya, biasakan untuk membilas dan mengeringkan sikat gigi setelah digunakan. Jika Anda meletakkan sikat gigi di dekat atau di atas dudukan toilet, pastikan Anda menutup toilet sebelum membilasnya.

Alat Cukur atau Pisau Cukur

Mengganti pisau cukur atau silet tergantung pada berapa kali kita menggunakannya. Disarankan untuk menggantinya setelah 5-10 penggunaan atau menggantinya bila pisau cukur terasa tumpul. Tidak mengganti pisau cukur bisa berbahaya bagi kulit. Menyebabkan bisul kulit, iritasi dan masalah kulit lainnya. Saat ingin mencukur gunakan pisau yang sangat tajam, bersihkan terlebih dahulu bagian yang akan dicukur dan gunakan lebih banyak krim atau gel cukur. Alat cukur yang disimpan di kamar mandi akan mengalami kelesuan setelah beberapa saat digunakan. Padahal, lingkungan yang lembab bisa menyebabkan daun teroksidasi dan berkarat sebelum digunakan. Kecuali pisau cukur sebelumnya telah ditempatkan di penutup kedap udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *