Membersihkan dan Mengatasi Masalah Wastafel

Membersihkan dan Mengatasi Masalah Wastafel

Green Clean – Untuk dapat mengatasi wastafel mampet kamu bisa memanfaatkan berbagai macam bahan alami atau bisa juga dengan beberapa peralatan praktis. Selain itu, kamu juga bisa memakai produk pembersih berbahan kimia yang sudah banyak dijual di toko-toko. Masalah wastafel dapur mampet mungkin bukan hal yang asing lagi, faktor utama yang menjadikan penyumbaran di wastafel adalah sisa makanan, sayur, noda minya hingga buah yang menyumbat saluran air. Sehingga menyebabkan wastafel mampet.

Membersihkan dan Mengatasi Masalah Wastafel

Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Salah satu cara yang bisa dipakai dengan memakai sabun cuci piring dan air panas. Cara ini tentunya aman untuk mengatasi sumbatan pada wastafel yang disebabkan oleh lemak atau minyak. Cara melakukannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu tuang sedikit sabun cuci piring pada saluran pembuangan air. Selanjutnya  tuangkan air mendidih untuk menghilangkan sumbatan berminyak di saluran pembuangan.

Soda Kue

Memanfaatkan soda kue juga bisa menjadi alah satu cara ampuh mengtasi wastafel mampet. Caranya sangat gampang, kamu hanya perlu menyiramkan air panas ke dalam pipa saluran wastafel lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu bisa taburkan soda kue dan diamkan selama semalam bila perlu kamu bisa menambahkan sedikit cairan cuka setelah menaburkan soda kue. Keesokan harinya kamu bisa siram lagi dengan air panas. Agar hasilnya lebih maksimal bisa kamu tambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon setelah menaburkan baking soda.

Cairan Cuka

Cairan cuka menjadi cara ampuh mengatasi wastafel mampet. Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu sudah menyedot wastafel masih mampet. Cukup dengan meneteskan cairan cuka ke dalam lubang aliran air pada wastafel dan diamkan kurang lebih 25 menit. Bisa dilanjutkan dengan menyiram lubang saluran air dengan air panas. Kemudian pakailah plunger untuk menarik kotoran yang menyumbat pipa saluran wastafel. Dan terakhir siram pipa saluran wastafel pakai air panas.

Cara Membuat Saringan Air dan Lemak untuk Wastafel

Untuk mencegah sisa minyak agar tidak masuk ke saluran air wastafel, kamu bisa mempercayakan alat berupa bak penyaring lemak atau yang biasa disebut grease trap. Bak penangkap lemak ini biasanya dipasang pada saluran pembuangan antara wastafel cuci piring dengan saluran pembuangan lainnya. Dengan memakai alat ini, minyak yang terkumpul akan membeku dalam bak sehingga nantinya bisa dibuang dengan gampang sebelum masuk ke saluran pembuangan. Untuk saat ini, kamu bisa membeli bak penangkap lemak yang sudah siap dipasang dengan mudah. Namun, kalau kamu ingin lebih hemat lagi bisa dengan membuat penyaring air sederhana sendiri. Saringan ini juga bisa berfungsi menghalau sisa lemak.

Langkah 1

Susunlah Bata untuk Buat Saringan Air dan Lemak di Wastafel. Bikinlah bak penjaring lemak yang bisa dibuat dari tumpukan setengah bata dengan ukuran 30 √ó 30 cm atau 40 x 40 cm. Kamu bisa memilih ukuran yang sesuai dengan ukuran ubin lantai dapur kamu. Dengan begitu, tutup bak bisa disesuaikan dengan ubin.

Langkah 2

Memasang Pipa Saringan Air dengan cara hubungkan dua buah pipa ke bak penangkap lemak. Pipa pertama yang menyalurkan bak dengan wastafel cuci piring dan untuk pipa kedua menghubungkan bak dengan saluran pembuangan air. Pipa ini sebaiknya dipasang pada ketinggian seperempat bak, tujuannya supaya ada ruang bagi minyak dan kotoran lain untuk mengendap di bak.

Langkah 3

Pasang saringan pada bak dan hubungkan dengan pipa yang menyalurkan air dari wastafel cuci piring. Pipa yang mengalirkan air ke saluran pembuangan ada baiknya dipasang di luar saringan, nantinya air yang mengalir ke got sudah disaring dari sisa makanan dan kotoran lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *