Cara Membasmi Jamur Pada Jas Hujan

Cara Membasmi Jamur Pada Jas Hujan

Jasa Poles Marmer Jakarta – Ketika musim hujan tiba salah satu barang yang harus dilimiki adalah payung dan jas hujan. Jas hujan akan lebih dipilih oleh seorang yang sedang bepergian dengan memakai kendaraan bermotor. Karena memang penggunaannya lebih mudah dan efektif ketimbang payung. Namun terkadang penyimpanan jas hujan masih keliru, banyak yang menyimpan dalam keadaan basah atau lembab.  Keadaan tersebut akan menjadi penyebab timbulnya jamur di jas hujan. Selain menjadikan tidak enak dipkamung, jamur juga bisa menyebabkan iritasi kulit, gangguan pernapasan dan merusak struktur serat-serat jas hujan. Karena itulah Kamu perlu bertindak cepat dalam menangani jamur di jas hujan. Kamu bisa memakai cara dibawah ini untuk membasmi jamur yang ada di jas hujanmu.

Cara Membasmi Jamur Pada Jas Hujan

Membasmi jamur pada jas hujan

Berbagai macam bahan bisa kamu manfaatkan untuk menyingkirkan jamur pada jas hujan, dan bahan bahan tersebut biasanya ada di dapur Kamu seperti berikut.

– Cuka putih

Siapkan sebuah kain bersih dan kemudian basahi dengan sedikit cuka putih. Kamu bisa mengusapkan kain tersebut di atas bintik-bintik jamur, lalu kemudian biarkan sekitar 30 menit sampai satu jam. Setelah menunggu bilas dengan air dingin hingga bersih.

– Jeruk nipis

Peras jeruk nipis dan teteskan air perasan jeruk nipis segar langsung di atas noda jamur. Tunggu beberapa menit, lalu kamu bisa gosok perlahan dengan sikat gigi bekas yang masih bersih. Setelahnya bisa dibilas dengan air dingin.

– Garam

Untuk pemanfaatan garam akan lebih efektif jika memakai garam kasar yang mengandung yodium. Kamu bisa memakai garam kasar atau dengan dicampur air perasan jeruk nipis. Aplikasikan di atas noda, lalu gosok-gosok dengan sebuah kain, dan diamkan 30 menit. Selanjutnya bisa bilas dengan air dingin.

Cara mencuci jas hujan

Supaya jas hujan selalu bersih dari kotoran dan noda-noda lain, Kamu bisa mencuci jas hujan setelah menggunakan caradi atas. Untuk proses pencuciannya sendiri sebaiknya dilakukan secara rutin dan selalu baca label perawatan jas hujan dengan cermat agar Kamu tidak salah mencuci. Jika proses pencucuan dilakukan secara tidak benar, bisa saja malah akan merusak bahannya yang tahan air. Ada dua tipe cara mencuci jas hujan yaitu menggunakan tangan dan mesin cuci.

Mencuci dengan tangan

Pertama kamu harus merendam di dalam ember berisi larutan detergen dan air. Sebaiknya kamu menggunkan detergen cair biasa atau detergen khusus jas hujan. Keluarkan jas hujan dari rendaman kemudian letakkan di tempat datar. Kamu bisa lakukan penggosokan ke seluruh permukaannya dengan spons bersih dan air rendaman, kemudian bilas dengan air dingin. Jemur di tempat teduh, pastikan kamu menjemurnya dengan cara menggantungnya di hanger.

Mencuci dengan mesin cuci

Masukkan ke dalam mesin cuci lalu pilih siklus pencucian dengan kecepatan rendah, misalnya siklus ‘low speed‘ atau ‘delicate‘. Siklus ini dianggap lebih cocok untuk menjaga keawetan jas hujan. Tambahkan detergen sesuai ketentuan dan untuk memastikan busa detergen tidak menempel di jas hujan, Kamu perlu membilasnya beberapa kali. Setelah dirasa sudah bersih jemur dengan menggantung di tempat teduh.

Tips merawat jas hujan supaya bebas jamur

– Setelah dipakai sebaiknya gantung jas hujan dengan hanger dan diamkan sampai benar-benar kering sebelum melipat dan menyimpannya.

– Jika terkena noda seperti misalnya cipratan lumpur segera bersihkan dan keringkan jas hujan Cara membersihkan jas hujan dari noda semacam itu cukup sederhana, yaitu dengan bantuan air!

– Jangan pernah menyetrika jas hujan karena panas dari alat setreika dapat merusak bahannya. Begitu juga dengan panas matahari, pastikan untuk Jemur di tempat teduh di luar rumah atau di ruangan berventilasi baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *