Lingkungan Bersih Basmi Jentik Nyamuk

Lingkungan Bersih Basmi Jentik Nyamuk

GreenClean.id – Musim sudah berganti dari kemarau ke musim hujan dan ini merupakan salah satu waktu yang tepat untuk nyamuk berkembang biak. Salah satu nyamun yaitu Aedes aegypti yang merupakan penyebab penyakit demam berdarah dengue. Menurut data yang diambil ternyata di sebagian wilayah Jakarta sudah ditetapkan memasuki fase waspada DBD selama Januari hingga Maret 2019. Keadaan waspada DBD ini dicetuskan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk peringatan dini kepada masyarakat.

Lingkungan Bersih Basmi Jentik Nyamuk

Peringatan waspada ini ditetapkan setelah mengetahui bahwasanya angka insidensi kasus DBD di Jakarta yang semakin meningkat. Peringatan dini ini juga merupakan bentuk usaha supaya masyarakat bisa lebih waspada dan mencegah terjadinya DBD. Penyakit DBD sendiri salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan menjaga kebersihan dari jentik nyamuk dan menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Menguras semua bak air

Sudah dijelaskan oleh WHO bahwa untuk mencegah penyakit DBD adalah membasmi penyebaran vektor-patogen dengan membersihkan tempat yang menjadi tempat telur nyamuk bersarang. Genangan air yang ada di bak akan menjadi sarang dan tempat tumbuh jentik nyamuk. Itulah sebabnya untuk rajin menguras dan membersihkan tempat bak penampungan air seperti bak mandi, baskom, vas bunga, pot tanaman, dan akuarium. Sedangkan untuk bak air yang lebih besar bisa dengan cara diberi bubuk abate supaya terbebas dari jentik nyamuk. Pastikan juga untuk menutup secara rapat tempat penampungan air ini supaya nyamuk tidak bertelur di situ. Bersihkan juga tempat yang digenangi air lainnya seperti tempat penampungan di bawah wastafel, kulkas, AC dan jangan lupa untuk membuang air di tempat minum hewan peliharaan. Pastikan tidak ada wadah yang menjadi tempat menampung air hujan di sekitar lingkungan kamu.

Menjaga kebersihan lingkungan

Tidakhanya di dalam ruangan saja namun pastikan juga lingkungan sekitar rumah aman dari jentik nyamuk. WHO menyarankan pencegahan DBD dengan membersihkan lingkungan sekitar seperti tempat sampah, talang air, selokan, dan jalanan. Dengan bekerja sama untuk membersihkan lingkungan sekitar bisa menjadi solusi bersama agar lingkungan tetap bersih. Kalau diperlukan lakukan penyemprotan fogging juga dapat dilakukan untuk membasmi jentik nyamuk secara menyeluruh.

Jangan gantung baju

Nyamuk yang biasanya menyukai tempat yang lemap akan bisa hinggap di celah gantungan baju kamu. Maka hindari menggantung baju di belakang pintu atau dalam lemari. Dengan menggantung baju akan menjadi merupakan salah satu tempat favorit nyamuk hinggap. Sebaiknya kamu segera melipat cucian atau jemuran yang sudah mengering dan simpan di lemari, jangan lupa untuk menutup pintu secara rapat.

Lindungi tubuh

Dengan melindungi tubuh dari gigitan nyamuk juga bisa mencegah penyakit DBD. Disarankan untuk meggunakan pakaian tertutup seperti baju berlengan panjang, celana panjang, sepatu dengan kaus kaki dan topi untung menghindari gigitan nyamuk. Kamu juga bisa mengoleskan obat anti nyamuk sebagai bentuk perlindungan tambahan. Lebih berwaspadalah pada gigitan nyamuk di pagi dan sore hari. Karena pada waktu Ini merupakan waktu dimana nyamuk Aedes aegypti mencari mangsa.

Pemakaian Kelambu

Pemakaian Kelambu juga bisa menjadi salah satu bentuk perlindungan di rumah. Kamu bisa memasang kelambu di kamar tidur supaya nyamuk tak datang saat kamu tidur. Selain itu dengan kelambu kamu juga bisa menutup ventilasi udara dengan memanfaatkan penyaring, tujuannya agar nyamuk tak bisa masuk ke dalam rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *