Kesalahan Ketika Mencuci Tangan

GreenClean.id – Pandemin corona yang terjadi membuat semua orang harus menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dan memakai hand sanitizer. Karena dengan Mencuci tangan akan dapat mengurangi resiko penyebaran virus ini. Akan tetapi masih banyak yang melakukan kesalahan ketika mencuci tangan, sehingga tangan tidak bersih secara sempurna.

Kesalahan Ketika Mencuci Tangan

Meskipun memang kelihatannya menjadi hal sepele, ternyata masih banyak terjadi kesalahan ketika mencuci tangan yang justru dapat menimbulkan masalah baru. Berikut ini kesalahan yang sering terjadi ketika mencuci tangan.

Terlalu cepat

Waktu adalah uang, ya itu menjadi pedoman untuk sebagian orang. Namun slogan itu sebenarnya tidak dapat diterapkan di berbagai macam situasi. Seperti contohnya ketika mencuci tangan, hanya karena ingin cepat selesai proses mencuci tangan menjadi terburu buru. Ada studi yang dilakukan dan mendapatkan hasil 95 persen orang kurang lama saat mencuci tangan sehingga tidak efektif membunuh kuman. Kebanyakan orang diketahui hanya membutuhkan waktu 7 detik untuk cuci tangan. Padahal mencuci tangan disarankan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik agar virus yang menempel di tangan hilang. Atau untuk lebih mempermudahnya dengan menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sebanyak dua kali.

Tidak sampai sela-sela jari

Kesalahan yang sering selanjutnya adalah ketika mencuci tangan tidak sampai mencuci sela-sela jari. Jika kamu hanya memakai sabun di kedua telapak tangan tanpa mencuci samapai sela jari, itu sama saja tangan masih kotor. Kuman diketahui senang bersembunyi di bawah kuku dan di sela jari. Jadi jangan lupa untuk mencuci bagian ini setiap kali mencuci tangan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan kuman.

Tidak mengeringkan tangan

Ketika kamu mencuci tangan pasti sering dibiarkan dalam keadaan basah tanpa mengeringkannya. Ini juga merupakan salah satu kesalahan yang kerap dilakukan. Kebiasaan seperti ini akan membuat virus kembali bersarang ke tangan yang telah bersih. Kuman yang gampang untuk berkembang biak di tempat yang lembap, termasuk tangan yang masih basah. Kamu bisa memakai tisu kering atau pengering tangan untuk memastikan tangan kering empurna setelah mencuci tangan.

Mencuci tangan ketika di kamar mandi

Mencuci tangan yang benar sebaiknya tidak hanya ketika selesai dari toilet. Cucilah tangan setiap kali kamu menyentuh permukaan benda yang berada di tempat umum, seperti tombol lift, gagang pintu, mesin ATM, atau pegangan kereta. Kebanyakan orang menganggap kewajiban untuk mencuci tangan hanya dilakukan setelah dari kamar mandi. Ternyata  kamu juga harus mencuci tangan secara rutin terutama setelah beraktivitas dari luar. Jika tidak ingin kerepotan bisa memakai hand sanitizer.

Tidak menggunakan sabun

Mencuci tangan hanya dengan air saja tidak akan bisa menghilangkan bakteri yang menempel pada tangan. Supaya lebih efektif dalam membunuh kuman, sebaiknya gunakan sabun dan air bersih mengalir sangat ampuh dalam melawan kuman dan bakteri termasuk virus corona.

Mencuci tangan dengan sabun di tempat umum

Ternyata sabun cair di kamar mandi yang sering kita temui ditempat umum bisa mengantarkan virus ke tangan 26 kali lebih besar dibandingkan dengan mencuci tangan dari sabun yang dibawa sendiri. Oleh karena itulah sebaiknya kamu membawa sendiri sabun dalam botol kecil agar lebih higienis dan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *